Warga Jatim Manfaatkan Moment Open House Polrestabes Surabaya

NTMCPOLRI – Terkait memperingati HUT ke-71 Bhayangkara, Polrestabes Surabaya menggelar open house, di Mapolrestabes Surabaya, Jalan Sikatan, Sabtu (1/7/2017). Alhasil ribuan warga Surabaya dari berbagai kalangan berbondong-bondong mendatangai markas Polrestabes Surabaya.

Suasana Mapolrestabes Surabaya tampak meriah. Ribuan warga silih berganti mendatangi gedung mapolrestabes, yang merupakan bangunan cagar budaya dan bekas kantor polisi di masa penjajah Belanda Hoofdbureau.

Sebelum masuk ke halaman mapolrestabes, pengunjung terlebih dulu menjalani pemeriksaan ketat dari kepolisian. Barang bawaan diperiksa, sedangkan warga harus melalui pintu metal detektor. Pemeriksaan ketat itu dilakukan mengantisipasi pelaku teror yang menyusup dan menyamar sebagai pengunjung open house. Meski ketat, petugas pemeriksaan tetap humanis kepada pengunjung. Mereka membaur bersama polisi, di acara Open House memperingati HUT ke-71 Bhayangkara.

Masyarakat tampak memanfaatkan moment tersebut lantaran para warga bisa berselfie bersama kendaraan taktis (Rantis) milik Polri yang dipajang di open house seperti baracuda, water canon. Selain itu, warga juga bisa memakai peralatan pasukan Sabhara serta mengabadikan momen tersebut. Bisa foto bersama dengan peralatan dari tim dari Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya Tim Anti Bandit. Melihat peralatan inafis (Indonesia Automatic Fingerprint Identification System). Menyaksikan seragam khusus gegana (pasukan penjinak bom) beserta robotnya. Hingga berpose dengan mobil dan motor gede pengawalan dari Satuan Lalu Lintas.

Usai berfoto ria, Masyarakat juga bisa menyaksikan museum hidup yang ada di gedung utama Polrestabes Surabaya. Serta menyantap berbagai menu kuliner seperti semanggi dan rujak uleg (makanan khas Surabaya), pempek Palembang, dan beragam masakan lainnya.

Tak hanya itu, Polrestabes¬† Surabaya pun memberikan secarik kertas yang dimaksudkan untuk masyarakat bisa menyampaikan uneg-unegnya tentang Polri ke depan dengan menuliskan secarik kertas dan ditempelkan di papan ‘Suaramu untuk polisi Surabaya’. Beragam pujian dan harapan dari masyarakat terhadap keberadaan polisi di Kota Surabaya.

Kombes Pol M Iqbal saat dikonfirmasi mengatakan, open house ini baru pertama kalinya digelar selama dirinya memimpin Polrestabes Surabaya.

Iqbal pun menambahkan, kantor polisi juga kantornya masyarakat. Jangan hanya ada masalah, masyarakat baru mendatangi kantor polisi. Dengan kegiatan ini, masyarakat juga bisa memberikan kritikan kepada kami. Kami kuat karena masyarakat. Kami termotivasi, karena masyarakat. Dan open house ini niatnya bahwa, Polrestabes Surabaya adalah pelayan, pelindung dan pengayom masyarakat

“Terima kasih warga Surabaya,” kata Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol M Iqbal di sela Open Hous
jeli

Selain mendapat ucapan selamat ulang tahun dari berbagai kalangan masyarakat hingga pemerintah daerah Kota Surabaya, Iqbal juga menerima ucapan selamat ulang tahun atau Hari Bhayangkara ke 71 dari keluarganya (Istri dan kedua anaknya).

“Setiap hari polisi menyapa masyarakat. Namun, momentum Dirgahayu Polri ke 71, Polrestabes Surabaya mengistimewakan hari ini dengan mendisplay semua pelayanan kepolisian, sarana dan prasarana. Serta menghidangkan ala kadarnya,” ujar Iqbal.

 

“Dan kami hadir di tengah-tengah masyarakat, walaupun tempat-tempat kami di luar Surabaya di luar Jawa Timur dicederai, ada yang dihabisi. Kami tidak takut dan kami tetap melaksanakan kegiatan ini dengan pengawasan maksimal. Dan kami mohon maaf menggeledah masyarakat ke sini, tentunya dengan santun dan humanis, demi kebersamaan kita dan tidak ada yang mencederai kegiatan menurut kami sangat mulia ini,” tandasnya.

author