Antisipasi Kriminalitas, Polda Jatim Terjunkan Sniper di Jalur Mudik

Probolinggo – Jalur pantura Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu titik rawan kriminalitas saat arus mudik lebaran 2014. Untuk itu, Polda Jatim akan menempatkan anggota Brimob dan penembak jitu.

“Segala sesuatu kita siapkan, demi kenyamanan masyarakat. Utamanya pengguna jalan raya ini. Agar tidak terjadi sesuatu pada puncak arus mudik lebaran,” kata Inspektur Jenderal Unggung Cahyono saat jalur pantura, tepatnya pertigaan pembatas arah ke situbondo dan lingkar selatan menuju Jember, Sabtu (28/6/2014).

Jalur pantura yang dianggap rawan Kriminal oleh kepala kepolisian daerah Jawa Timur yaitu di Kawasan Kecamatan Gending dan Kecamatan Paiton serta Kecamatan Dringu dan Kecamatan Tongas.

Untuk di jalur lingkar selatan, yaitu di Kecamatan Leces, Kecamatan Tegalsiwalan menurut Kapolda rawan bajing loncat dan perampasan sepeda.

“Ada beberapa titik dan ada beberapa petugas di lokasi yang menjaga titik itu dengan senjata lengkap, dan kita sudah meninjau ke lokasi yang rawan Kriminal itu,” ungkap Kapolda.

Selain penembak jitu, Kapolda juga akan menurunkan pasukan Brimob yang bertugas di masing-masing pos yang sudah ditentukan oleh Kepolisian.

“Pasukan Brimob juga kita kerahkan di berbagai Pos untuk mencegah terjadinya rawan kriminalitas,” ujarnya lagi.

Untuk mengantisipasi rawan laka, Unggung akan mengerahkan semua kekuatan di jalan raya sepanjang pantura Jatim pada saat puncak Mudik.

“Jalur black spot ada di Jalan Raya Jorongan dan jalan raya Kebonagung serta di Jalan Raya Dringu. Nah, bagaimana supaya di jalur ini tidak terjadi kecelakaan yang luar biasa. Petugas, saat puncaknya nanti, sudah stand Bay di lokasi jalur black Spot ini,” jelas Irjen Unggung.

Mengantisipasi biang kemacetan di Jalan Raya Jorongan Kecamatan Leces saat puncak mudik akibat pasar tumpah, Kapolda berjanji saat musim puncak mudik nantinya, tidak akan terjadi lagi kemacetan yang panjang.

“Sudah kita siapkan segala sesuatunya. Apalagi, di jalan raya jorongan itu ada rel kereta api yang melintas. Polres Probolinggo sudah menyiapkan untuk menghindari kemacetan panjang,” pungkas Kapolda Jatim.