Trik Lindungi Motor Dari Maling

400 views

NTMC Polri – Maraknya kasus pencurian kendaraan ternyata tidak langsung direspon lebih serius oleh para pemilik kendaraan untuk lebih berhati-hati. Bisa dilihat dari pengamanan yang masih menggunakan cara yang umum seperti penambahan gembok atau kunci roda pada sepeda motor.

Cara tersebut mungkin dianggap cukup bisa mengamankan motor anda namun rupanya para maling selalu punya cara untuk menaklukan gembok dan konci roda yang dipasang. Untuk  itu perlu pengamanan tambahan yang dilakukan untuk meningkatkan keamanan motor anda.

Berikut adalah 4 Trik agar kendaraan anda tidak mudah dicuri :

1. GANTI KUNCI

Sekedar berjaga-jaga dari maling yang bekerja sama dengan oknum dealer, segera ganti kunci motor yang baru anda beli apalagi bila itu motor seken.

2. GUNAKAN KUNCI VARIASI

Pilih kunci dengan bentuk nazi atau variasi lain agar kunci tidak mudah ditembus oleh kunci T yang biasa digunakan oleh maling.

3. PASANG ANTI STARTER

Anti starter berfungsi untuk memutus arus listrik yang menuju kunci kontak. Anti starter memiliki tombol atau saklar untuk memutus atau menyambung arus listrik tersebut. Bila saklar dimatikan maka motor tidak akan bisa distarter atau disela meski berulang kali. Sembunyikan posisi saklar ditempat tersembunyi yang hanya anda saja yang tahu.

4. CABUT TUTUP BUSI

Cara ini memang agak merepotkan karena harus melakukan bongkar pasang, namun cara ini sangat berguna bila anda terpaksa harus parkir di tempat yang anda khawatirkan.

5. PASANG GEMBOK GANDA

Bagi yang ingin tetap menggunakan gembok maka pasanglah gembok pada cakram rem di ban depan dan belakang. Pilih gembok stainless yang anti grinda dan tanpa per di dalamnya.

Demikianlah trik melindungi motor dari ulah maling. Dan jangan lupa untuk melengkapi surat kendaraan dan gunakan helm serta perlengkapan lain saat berkendara.